"Tradisi Unik" Masyarakat Kampung Melayu Bonjol Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah

indonesiasatu, 04 May 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN - Sudah menjadi tradisi masyarakat Kejorongan Kampung Malayu, Kenagarian Limo Koto Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman jelang memasuki bulan suci Ramadhan menggelar ziarah serta gotong royong (Goro) bersama di padam kuburan Kampung Malayu.

Sejak pukul 07:00 wib pagi, warga tampak mulai berdatangan ke Pandam Kampung Malayu, Goro Bersama penuh kekeluargaan ini makin ramai dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya karena dihadiri oleh Tokoh masyarakat, Ninik Mamak serta tampak juga para perantau hadir di Pandam Kampung Malayu, Sabtu (04/05/2019)

Pantauan Indonesiasatu.co.id warga tumpah ruah dan terlihat mulai membersihkan bersama-sama rumput-rumput yang tumbuh liar, tempat Pemakaman (Kuburan) yang tadinya kelihatan penuh rumput yang mulai meninggi, dalam waktu sekejap kelihatan lebih rapi dan bersih kemudian menggelar doa bersama dan di lanjutkan makan bersama.

Ketua Pemuda Kampung Malayu Basrial mengatakan, Gotong Royong Padam Kuburan Kampung Melayu kali ini cukup ramai dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya dan dengan sekejap pandam menjadi bersih.

“Goro di Pandam Kampung melayu kali ini cukup ramai, dipandam kita bersama saling mendoakan, bersilaturahim, saling memaafkan jelang ramadhan dan makan bersama, “kata Bastian. 

Setelah melaksanakan Gotong Royong bersama dilanjutkan dengan minum dan makan bersama yang telah disiapkan oleh pemuda-pemudi yang sejak seminggu lebih perencanaan kegiatan, sebut salah seorang niniak mamak Ruditia, S.Kom Datuk Hijau suku Malayu.

Sementara, Abdi Bonjol rangsumando yang juga penggiat medsos mengatakan kegiatan hari ini sudah dirancang sejak beberapa minggu yang lalu, dimotori Pemuda-i yang menggalang dana dari para perantau dan masyarakat kampung malayu. 

"Alhamdulillah, untuk tahun ini kegiatan untuk acara mendoa, masyarakat menyembelih 3 ekor kambing. Berkat kekompakan masyarakat kampung malayu untuk menyumbang dana. Dengan harapan membawa dampak positif untuk mempererat silaturahmi antara masyarakat dikampung dan perantau untuk bersama-sama berbuat yang terbaik untuk kampung," sebut Abdi Bonjol (penggiat medsos).

Editor: Anto

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu